CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Nilai-Nilai Positif Yang Terkandung Dalam Permainan Catur Utamanya Bagi Anak-Anak Usia Sekolah

Kita semua insan catur pasti sangat menggemari permainan 64 petak ini. Dan banyak pula yang mengetahui manfaat tambahan bermain catur seperti meningkatkan kecerdasaan, meningkatkan kepercayaan diri, melatih disiplin dan lain-lainnya. Banyak situs di internet yang menyajikan informasi tentang kegunaan catur bagi kehidupan. Menurut saya pribadi permainan catur sangat berguna sekali, khususnya untuk anak-anak yang dalam usia perkembangan. Tentu untuk orang dewasa pun permainan ini juga mempunyai manfaat nyata, meskipun ada juga efek negatif dari permainan ini yang pernah saya sharingkan dalam posting terdahulu. Hari ini saya postingkan berbagai kumpulan informasi tentang manfaat dan keuntungan bermain catur di internet, utamanya untuk anak-anak usia sekolah. Baca dan simak terus...

Ketika bermain catur seorang anak akan menganalisis, mengasah logika dan belajar mengambil keputusan di mana ilmu tersebut sangat berguna bagi kehidupannya dan ini jarang diajarkan di sekolah. Catur juga mengajarkan anak untuk berkompetisi, sehingga si anak nanti kalo besar secara mental telah terbiasa mengalami kompetisi, mengalami kemenangan/kesuksesan dan kekalahan/kegagalan dalam kehidupan. Catur juga mengajarkan kepada anak untuk berpikir dan mempunyai visi ke depan serta mempunyai tujuan (goal) seperti halnya permainan catur yang menghendaki pemain untuk melakukan perencanaan/strategi untuk mencapai suatu tujuan dan kemenangan.


Tak dapat dipungkiri bahwa catur bisa dipakai sebagai alat untuk meningkatkan konsentrasi, kecerdasan/IQ, daya nalar (logika), daya ingat dan kreatifitas. Jadi meskipun si anak ini tidak berhasil menjadi atlit catur yang berprestasi, dia tetap untung dan dapat memetik manfaat dari catur ini. Sayangnya, masih banyak yang menganggap bahwa kalo belajar catur di sekolah catur nantinya harus berprestasi dan menjadi juara catur. Semestinya catur ini lebih baik dijadikan ALAT untuk keuntungan si anak, bukan semata-mata sebagai obyek untuk dikuasai dan memberikan prestasi catur yang cemerlang.

Bagi anak-anak yang prestasi caturnya bagus, bisa mendapatkan keuntungan materi (hadiah, bonus, dll.) dan juga bea siswa sehingga memberikan keuntungan ekonomi secara nyata kepada si anak dan orang tuanya. Selain tidak lupa juga ada kebanggaan dari sekolah, daerah bahkan negaranya atas prestasinya yang membawa namanya. Tidak jarang mereka ini bisa pergi ke berbagai daerah di tanah air, atau bahkan ke luar negeri dengan gratis.

Catur secara tidak langsung juga mampu meningkatkan nilai akademik (utamanya pelajaran ilmu pasti seperti Matematika dan Ilmu Alam, Fisika, Kimia, Biologi dan lain-lain). Berdasarkan pengamatan dan pengalaman, ada cerita seorang anak SD kelas 2 sebelum belajar catur nilai matematika di sekolah hanya 6 atau 7 kadang 8. Dan setelah belajar catur selama 6 bulan, nilai matematikanya meingkat pesat menjadi 8 atau 9 dan tidak jarang nilai 10 didapatnya. Mungkin banyak pula teman-teman yang mengetahui cerita semacam ini atau bahkan keponakan atau anaknya mengalami sendiri.

Dan juga catur bisa mencegah kenakalan anak-anak dan remaja dengan cara yang lebih menyenangkan. Anak-anak dan remaja disibukkan dengan permainan catur, latihan catur, pertandingan catur sehingga pikiran si anak dapat dicegah dari kenakalan dan keliaran mereka dalam masa pekembangan yang labil dalam rangka mencari jati dirinya. Anak-anak ini memang sukanya bermain khan dan sukanya sendiri, jadi kalo tidak dilatih mentalnya mereka akan 'ngglonjom'. Dan alat mental itu adalah permainan catur.

Mungkin ada yang kurang ya, cerita saya ini tentang manfaat catur... Silakan kalo mau mengoreksi atau menambahkan pengalamannya...

Berikut link-link menarik yang bercerita seputar manfaat dan keuntungan bermain catur :

http://mysite.verizon.net/kaech/benefits.html
http://www.susanpolgar.com/susan-polgar-foundation-benefits.html
http://www.chessforsuccess.org/resources/research.php
http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2008/3/1/s3.htm
http://inchesswetrust.blogspot.com/2008/01/polgar-catur-alat-pendidikan-yang-indah.html
http://mbakje.multiply.com/journal/item/38
http://www.andriewongso.com/awartikel-609-Sports_Corner-Model_Catur_Dalam_Kehidupan
http://www.tabloid-nakita.com/Jendela/jendela06301.htm
http://www.sinarharapan.co.id/berita/0204/16/ola03.html
http://chess.photobooks.com/genesis/web_pages/html/smart.html
http://www.newhorizons.org/strategies/thinking/fischer.htm
http://www.uschesstrust.org/WP/?p=1285

Bagi yang ingin mendownload riset catur tentang BETAPA PENTINGNYA CATUR UNTUK DIAJARKAN DI SEKOLAH silakan mendownloadnya dengan langsung KLIK DI SINI.

Yuk anak-anak kita dan anak-anak di sekitar kita diajari bermain catur, biar memberikan keuntungan moril dan logikal kepada si anak...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.