CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Frans Morsch Dan Mathias Feist, Programmer Pencipta Program Catur terkenal Fritz

Program Catur Fritz (produksi Chessbase Jerman) yang saat ini rilis terbarunya sudah Fritz 11 menurut pengamatan saya mungkin adalah program yang paling banyak dipakai di Indonesia (atau bahkan dunia), selain Chessmaster produksi Ubisoft. Hari ini kita akan menampilkan 2 orang programmer yang merupakan pencipta program catur terkenal ini, yaitu Frans Morsch (Belanda) Dan Mathias Feist (Jerman). Kedua programmer ini juga bisa dikatakan merupakan pelopor dari penggunaan komputer untuk catur secara lebih intensif. Meskipun informasi tentang kedua orang hebat ini yang lengkap sulit didapat, saya akan tetap menyajikannya dalam blog ini.

Dulu sekali sejak Fritz masih versi 2 (berbasis DOS) tahun 90-an, saya telah mendapatkannya dari Sekolah Catur Enerpac Surabaya di Jl. Dupak, yang saat itu dijaga oleh mas MP Aji Hartono dan Mbak Dwi. Saat itu Fritz sudah populer, meski tidak seperti sekarang ini. Waktu itu saya sudah sulit mengalahkan program Fritz kuno yang ditaruh dalam 1 buah disket itu. Bahkan teman-teman saya yang lebih kuat caturnya, juga kesulitan mau menang. Itulah sekelumit pengalaman saya memakai Fritz 2 pada jaman dahulu.

Dengan kepiawaiannya membuat program, Frans Morsch Dan Mathias Feist berhasil membuat engine catur kelas dunia yang saat ini menjadi salah satu engine catur terkuat di dunia dan banyak digunakan oleh para Grandmaster dan profesional catur untuk mendukung karirnya. Hampir semua Grandmaster menggunakan Fritz (dan keluarga Chessbase lainnya) untuk mendukung caturnya.

Frans Morsch, programmer berkebangsaan Belanda kelahiran 1954 ini memang sejak muda sekali telah merintis karirnya sebagai programmer software catur. Sudah banyak perangkat lunak catur yang dibuatnya seperti Mephisto, Saitek, CXG, Fidelity dan lain-lain. Dia juga berusaha memasukkan pengetahuan catur yang abstrak ke dalam program catur, sehingga komputer bisa bermain catur dengan gaya sedekat mungkin dengan manusia.

Sedang Mathias Feist, programmer Jerman kelahiran tahun 1961 adalah juga seorang pakar komputer yang menggeluti program catur. Pada akhir tahun 1980, dia sudah membuat program catur untuk komputer ATARI (mbahnya komputer yang anda lihat sekarang) sampai yang berbasis DOS. Dia ini seorang bujangan dan hidup di Jerman di daerah Tostedt. Feist menyukai musik, film DVD, makanan enak dan minuman brandy.

Berikut profil dari Frans Morsch yang saya ambil dari internet (sengaja saya cuplikkan yang bahasa Inggrisnya) :

From the stronghold of Computerschachs, the Netherlands, the 1954-born Frans Morsch, whose programs in many chess computers from various manufacturers in use were and still are, such as Mephisto, Saitek, CXG, Fidelity and others Frans Morsch started very early to deal with the complex matter to employ his first attempts, he started at the age of 13 years.

After completing his physics studies, he immediately as a self-employed freelance writer and wrote for many chess computer manufacturer programs. His specialty was large and is the spielstarker development programs with minimal possibilities of memory and hardware. Looking at the capacity of its programs, it always amazed how much strength of this author's programs hashtables part without or with only 16 KB of code to. Successful devices, such as Saitek Travel Champion 2080, or 2000 Saitek GK contain only 16 KB of code and work without hash tables, but these devices are very spielstark.

Like no other, it Frans Morsch, with minimal hardware resources, a tactical game optimum strength. Only the final field shows some desired. In this game phase, often already secure victory still lost. Is desirable that a device by Frans Morsch positionellem with greater knowledge, hash tables, and especially extensive knowledge endgame.

What can afford Frans Morsch, he showed etc. Through his many PC programs (Fritz 10), known in the Elo rankings leading Positonen taking. So we must hope that Frans also in the board's hardware devices finally made available to get to this excellent programmers the space in the rankings would give, he deserves.

Ini link foto-foto dari Frans Morsch :
http://members.home.nl/matador/pics/morsch.gif

Dan di bawah ini kisah dari Mathias Feist yang saya ambil dari internet :

Mathias Feist (born 1961 in Germany) is a ChessBase and Fritz programmer. He was hired at the end of the 1980s to port the ChessBase program from Atari ST to DOS. He soon became an expert in the area of chess engines and connecting them with the ChessBase and Fritz interfaces. Mathias is single and lives in the north German town of Tostedt. Mathias is single, lives in the north German town of Tostedt and loves music, DVD movies, good food and excellent brandy.

Berikut foto Mathias Feist di situs Flickr :
http://www.flickr.com/photos/schwarti/309702675/
http://www.chessbase.com/images2/2003/feist-tv04.jpg

Situs referensi tentang Frans Morsch (bahasa Jerman) :
http://www.schach-computer.info/wiki/index.php/Frans_Morsch

Untuk menerjemahkan situs ini ke dalam bahasa Inggris, bisa digunakan search engine Google di alamat :
http://www.google.com/translate?u=http%3A%2F%2Fwww.schach-computer.info%2Fwiki%2Findex.php%2FFrans_Morsch&langpair=de|en&hl=en&ie=UTF8

Situs referensi tentang Mathias Feist :
http://en.wikipedia.org/wiki/index.html?curid=401862

Kedua programmer ini sampai sekarang terus aktif untuk mengupgrade engine buatannya hingga versi terbaru yaitu Fritz 11. Kapan ya kedua orang programmer hebat ini main/berlibur ke Indonesia. Mungkin kita nanti bisa kenala ya!

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.