CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Software Portable Catur : Dicopy Di Flash Disk Dan Dapat Dijalankan Di Komputer Manapun Tanpa Perlu Diinstall Dulu

Bayangkan anda membawa Flash Disk 1 GB yang berisi program-program catur dan database catur pilihan anda. Dan program ini dapat dijalankan di komputer manapun dengan baik tanpa perlu diinstall terlebih dulu. Sangat praktis dan efisien. Dengan membawa-bawa Flash disk ini anda bisa bermain catur di komputer manapun (dianggap sistem operasi Windows XP), di rumah, di kantor saat senggang, di warnet, di rumah teman, dan lain-lain. Mungkinkah hal ini dilakukan?

Kecanggihan seperti ini bisa terjadi berkat adanya software yang saat ini terkenal dengan sebutan 'Software Portable'. Boleh dikata saat ini hampir semua jenis software ada portable-nya, termasuk program catur.

Memang tidak banyak software catur portable yang ada. Fritz2 juga tergolong program portable (karena tidak perlu diinstall dulu, cukup di-copy langsung jalan). Yang lain ada Nagasaki, SlowChess Blitz, Pawn, dan lain-lain.

Bahkan dengan bantuan program khusus, kita bisa merubah program biasa (misal Fritz, Shredder, Chessbase, Arena, Chess Assistant, Chessmaster, dll.) termasuk engine dan datbase catur menjadi program yang portable (Fritz Portable, Arena Portable, Chessmaster Portable, dll.). Jadi Fritz, Arena, Chessmaster bisa ditaruh di flashdisk, bisa dibawa kemana-mana, bisa dijalankan di komputer manapun, tanpa perlu install dulu, jadi tidak perlu takut mengganggu konfigurasi komputer teman, kantor. Super praktis.

Link ke software-software portable :
http://nedwolf.com/Freeware-Portable.htmhttp://www.portablefreeware.com
http://portableapps.com

Link Software-Software Catur Portable yang lain:
Nagasaki
SlowChess (direkomendasikan)
Pawn
dan lain-lain.

Kalo ada kesempatan, lain waktu akan saya postingkan Fritz Portable dan program-program lainnya yang portable lebih lengkap lagi.

Gimana?... Mau coba?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.